Rabu, 09 September 2015

E-Government

Putri Lestari - J3C113020



Era globalisasi yang membawa kemajuan teknologi informasi membuat kualitas kehidupan masyarakat meningkat, masyarakat saat ini sudah semakin cerdas dan sadar akan kemajuan teknologi, hal ini menjadi penyebab mengapa pemerintah perlu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini dalam system pemerintahan sehingga terciptalah e-government. Contoh aplikasi dari e-government adalah website Kominfo, website Kemdikbud, sse.pajak.go.id, dan lain sebagainya.

Apasih e-goverment itu ?
mari kita ulas..

  Definisi e-government

Janet Caldow seorang direktur IBM Corporation dari hasil kajiannya bersama Kennedy School of Government, Harvard University mendefinisikan bahwa e-government adalah Electronic government is nothing short of a fundamental transformation of government and governance at a scale we have not witnessed since the beginning of the industrial era.
Sedangkan Pemerintah Federal Amerika Serikat mendefinisikan bahwa e-Government adalah E-government refers to the delivery of government information and services online through the Internet or other digital means.
Dari kedua definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa e-government adalah cara pemerintah dalam melaksanakan pemerintahannya untuk berhubungan dengan rakyatnya seperti pelayanan dan penyampaian informasi oleh pemerintah kepada masyarakat dan pihak lain secara online melaui internet dan media digital.

Jenis-jenis proyek e-government

·         Publish
Merupakan komunikasi satu arah antara pemerintah dengan masyarakat atau pihak lain yang berkepentingan, pemerintah dapat mempublikasikan berbagai data dan informasi yang dimilikinya untuk dapat secara langsung dan bebas diakses melalui internet oleh masyarakat dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Contoh aplikasinya adalah masyarakat bisa melihat dan mendownload secara langsung informasi mengenai cara hidup sehat dari website Departemen Kesehatan, masyarakat juga bisa melihat hasil pemilu secara realtime dari KPU.

·         Interact
Merupakan komunikasi dua arah antara pemerintah dengan masyarakat dan pihak lain yang berkepentingan, pemerintah dapat menyediakan sarana portal pencarian informasi atau kanal diskusi dimana masyarakat dan pihak yang berkepentingan dapat berinteraksi secara langsung melalui sarana tersebut. Contohnya adalah departemen di pemerintahan dapat melakukan interview secara langsung melalui chatting atau email dengan calon PNS, contoh lainnya adalah diskusi langsung melalui televisi antara pemerintah dengan masyarakat.

·         Transact
Merupakan komunikasi dua arah namun terjadi sebuah transaksi yang dari satu pihak ke pihak lainnya namun tidak gratis, masyarakat harus membayar jasa pelayanan yang diberikan oleh pemerintah atau mitra kerjanya. Contohnya adalah masyarakat dapat membayar pajak secara online melalui internet.

apasih manfaat dari e-goverment ini ?
apakah indonesia sudah efektif menerapkan sistem ini ?
mari kita ulas...

Manfaat e-government

Implementasi e-government secara tepat akan sangat bermanfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan di suatu Negara, karena dapat memperbaiki kualitas masyarakat dan pemerintah di Negara tersebut. E-government dapat memperbaiki kualitas pelayanan dari pemerintah, transparansi dan kontrol juga dapat berjalan lebih baik sehingga pemerintahan yang baik dan bersih dapat tercipta, dari segi biaya pun sangat bermanfaat karena dapat mengurangi biaya dari aktivitas yang tidak perlu karena sudah terganti dengan system elektronik, keterbiasaan masyarakat dengan e-government tentu akan memperbaiki kualitas masyarakat itu sendiri.

Dari manfaat-manfaat tersebut, ini sangat bagus bagi Indonesia agar pemerintahan yang amanah, baik dan bersih dapat terwujud, bahkan bisa mengurangi korupsi di negara ini, namun kendala saat ini adalah wilayah-wilayah yang jauh dari kota besar masih mengalami kendala dalam mengakses internet, seperti signal yang belum mencapai daerah tersebut, ketersediaan perangkat keras yang tidak memadai, dan masih banyak juga masyarakat yang buta internet, selain pengadaan perangkat yang memadai, sosialisasi tentang internet dan kecanggihan teknologi sangat penting dilakukan di daerah-daerah, ya ini menjadi tugas besar bagi bangsa ini. 

itulah sedikit ulasan mengenai e-goverment, komentar pembaca sangat saya nantikan.

jangan lupa kunjungi kampusku ya di ipb.ac.id

Terimakasih....


Sumber :
Indrajit, Richardus Eko.2013.”Electronic Government”. http://www.mdp.ac.id/materi/2013-2014-1/SI437/052098/Si437-052098-893-14.pdf

Blog teman yang saya komentari :
Rahma Sahlani
Diyah Putri
Nugraheni Puji Astuti



3 komentar:

  1. Dari ulasan mengenai masalah e-gov di Indonesia, menurut putri apakah sudah ada penanganan dari pemerintah Indonesia itu sendiri?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Bisa di contohkan tidak implementasi E-gov di indonesia ?

    BalasHapus
  3. apakah e-goverment di Indonesia sudah berjalan efektif?

    BalasHapus